10 Digital Mindset Yang Harus Diimplementasikan Dalam Dunia Kerja atau Organisasi Modern

digital mindset atau pola pikir digital harus dimiliki saat ini

InnovationVibe – Digital Mindset atau Pola Pikir Digital – Tranformasi digital dewasa ini begitu spektakuler perkembangannya ditambah dengan hadirnya era industri 4.0 yang menuntut konektivitas dan kecepatan dengan teknologi digital sebagai penunjang utamanya. Tentunya kekuatan dan perubahan besar ini menyebabkan tebukanya peluang terjadinya disrupsi dan dekonstruksi dari kebiasaan sebelumnya, seperti dalam hal dunia kerja maupun organisasi lainnya.

Transformasi digital juga membutuhkan insan yang tidak sekadar bisa menggunakan teknologi digital terkini. Atau tidak hanya punya kemampuan untuk menggunakan teknologi, namun merupakan sikap dan perilaku yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi digital dalam melakukan berbagai aktivitas. Transformasi digital adalah transformasi pola pikir sumber daya manusia.

Mau tak mau untuk terus survive dan berkembang, dunia kerja dan organisasinya harus menyusun dan menerapkan strategi bisnis yang sejalan dengan perubahan besar yang disebabkan oleh kekuatan-kekuatan ini. Dalam hal ini paling tidak harus dilakukan sebuah transformasi membangun digital culture. Dalam hal ini yang paling penting adalah perubahan pada digital mindset, yaitu, pola pikir untuk selalu memanfaatkan teknologi dalam aktivitas pekerjaan serta kesiapan akan keterbukaan informasi dan juga mampu menemukan strategi dan solusi terbaik. Baca juga: Panduan Terlengkap Mengenai Konten Marketing Untuk Pemula

Digital Mindset atau pola pikir digital bisa juga diartikan sebagai bentuk pemahaman menyeluruh pada kekuatan teknologi sebagai strategi bentuk interaksi dan tindakan dalam mengkolaborasikan ide-ide secara terukur dengan cepat dan lincah.

Kenapa Digital Mindset Atau Pola Pikir Digital Itu Penting?

Dunia sedang mengalami gejolak dan tantangan yang sangat besar. Dalam kondisi yang sama-sama kita alami seperti sekarang dan di depan telah terbentang tantangan besar yang mengakibatkan harus dilakukannya perubahan pola pikir yang diikuti oleh pola kerja. Baca juga: Perkembangan Komputer Saat Ini Yang Pesat dan Mengagumkan

Ini akibat dari perkembangan teknologi yang dapat mempercepat atau mempermudah hampir setiap aspek kebutuhan manusia. Misalnya teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasinya tidak lagi sebatas mempermudah administrasi pekerjaan, tetapi lebih jauh bisa untuk mendapatkan berbagai insight dari data yang tersedia, yang kemudian dimaksimalkan untuk membantu membuat keputusan penting.

Oleh sebab itu, pentingnya memiliki digital mindset atau pola pikir digital agar bisa memaksimalkan kemampuan untuk bersaing di era industri 4.0, yang tentunya akan memberikan dampak positif dalam setiap aktivitas. Menurut Tuhu Nugraha, seorang Digital Business Consultant and Trainer,  sedikitnya ada 10 digital mindset yang harus diimplementasikan dalam dunia kerja atupun organisasi modern,  antara lain:

10 Digital Mindset Yang Harus Diimplementasikan Dalam Dunia Kerja atau Organisasi Modern

1. Agility

Bisa beradaptasi dengan cepat dan lincah dalam merespon setiap perubahan dan tantangan serta dapat memanfaatkan peluang dan momentum dengan baik.

2. Interpersonal Skill

Sikap empati pada orang lain tidak bisa digantikan dengan teknologi apapun. Empati harus dilatih dengan banyak berdiskusi pada orang-orang baru dengan latar belakang berbeda dengan kita, disitu bisa terjalin relasi yang baik.

3. Long Life Learner

Jadilah pembelajar yang baik, karena setiap hari selalu ada inovasi dan perubahan, sehingga dituntut untuk cepat cepat beradaptasi. Untuk itu belajar sepanjang masa itu sangat penting, sekalipun sudah tidak berstatus pelajar atau mahasiswa, karena belajar itu merupakan proses yang akan terus dilalui selama hayar masih dikandung badan.

4. Tech Savviness

Jangan malu atau gengsi untuk belajar tentang teknologi terkini dari orang–orang sekitar bahkan yang lebih muda sekalipun. Menjadi tech savvy dipercaya dapat membantu orang terbiasa bekerja di lingkungan tempat kerja yang lebih sering menggunakan teknologi yang lebih maju. Hal ini juga akan mengajarkan bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana menjadi orang yang bertanggung jawab.

5. Data Literacy

Skill ini sagat penting, kemampuan membaca data lalu meramunya menjadi solusi dari suatu permasalahan dan menghasilkan inovasi, tidak bisa digantikan oleh teknologi. Penting bagi kita untuk lebih kritis dalam membaca data supaya bisa menghasilkan inovasi yang tepat sasaran.

6. Kreatif dan Inovatif

Semua orang diberkahi dengan kreatifitas yang bisa menghasilkan inovasi tanpa ada rasa ragu dengan resiko yang akan dihadapi. Namun, untuk melakukannya kamu perlu memiliki kecakapan dalam berkomunikasi agar menghasilkan suatu karya yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

7. Digital and Coding Skill

Mempelajari coding sangat baik sekali saat ini, apalagi sudah ada lembaga yang mengjarkan coding sejak usia dini karena kecakapan ini mampu dalam melatih menyelesaikan suatu masalah. Tidak perlu juga sampai menjadi ahli coding, paling tidak kemampuan memahami coding saja sudah cukup dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan teknologi digital.

8. Leadership

Sebaiknya, cobalah untuk ikut ber-organisai ataupun kegiatan volunteer untuk melatih kemampuan memimpin. Secanggih apapun teknologi, tetap tidak bisa mengambil peran manusia dalam hal kepemimpinan.

9. Problem Solving

Problem solving adalah kemampuan untuk menyelesaikan segala masalah dan mengambil keputusan yang sulit. Problem solving sendiri merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh setiap orang karena sangat berguna sekali dalam menghadapi tantangan yang makin komplek.

10. Cross Culture Understanding

Teknologi dan perkembangan dunia Internet membuka jalan bagi siapa saja untuk bisa berkolaborasi dengan orang–orang dari seluruh dunia. Kemampuan dalam memahami dan menerima perbedaan yang ada akan sangat menentukan bagaimana kita bisa berkolaborasi dengan pihak lain.

Nah, itulah 10 digital mindset yang yang bisa diterapkan dalm dunia kerja atau bisnis, maupun organisasi. Teruslah untuk melatih talenta secara komprehensif, mulai dari identifikasi kebutuhan secara tepat melalui strategi rencana kerja yang mumpuni dan menarik.

Dengan bantuan internet, 10 digital mindset akan sangat bermanfaat jika diimplementasikan dengan baik, ataupun saat berkolaborasi dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda, serta cermat menganalisis kompetitor.

Dengan infrastruktur dan teknologi semakin maju baiknya diiringi dengan mental yang prima dalam menghadapi tantangan baru hingga dapat menghasilkan suatu inovasi yang akan bermanfaat bagi pihak lain.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *