10 Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan Dan Kebugaran Tubuh Kita

InnovationvibeManfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan Tubuh – Daun Jarak merupakan salah satu tanaman yang gampang tumbuh didaerah tropis seperti Indonesia. Selain gampang tumbuh daun jarak juga sangat banyak memiliki manfaat dan kegunaan yang telah dilakukan dan teruji secara turun-temurun di masyarakat kita. Hampir semua bagian dari pohon ini ada kegunaanya seperti akar, batang, buah hingga daunnya.

Tanaman yang memiliki nama latin Ricinus communis ini adalah sebuah jenis semak tahunan yang tergolong dalam keluarga Euphorbiaceae. Karena bisa tumbuh dibanyak tempat, Daun Jarak kadang juga disebut tanaman liar, tapi cukup banyak orang yang menananamnya dikarenakan manfaat dan kegunaannya yang banyak.

Pohon Jarak sendiri terdiri dari beberapa jenis pohon, diantaranya adalah, jarak pagar, jarak Bali, jarak wulung dan jarak kepyar. Semuanya merupakan satu jenis tanaman, jarak cukup sering dijadikan tanaman herbal oleh masyarakat atau bisa juga sebagai bahan obat tradisional. Sedangkan daunnya dipercaya bisa sebagai obat panas dalam dan penurun pas kalau demam.

10 Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan Tubuh Kita

1. Membuat Minyak

Daun Jarak yang mengandung getah apabila diekstrak mampu menghasilkan minyak yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan rumah tangga.

2. Meredakan Sakit Gigi

Selain menghasilkan minyak, getah jarak juga bisa meredakan sakit pada gigi dengan cara menempelkan getah jarak pada gigi yang berlubang. Cara ini efektif dalam meredakan sakit gigi Anda

3. Mengobati Sariawan dan Panas Dalam

Daun jarak segar ditumbuk atau diremas dengan air masak, lalu minum airnya. Setelah minum, biasanya Sariawan dan panas dalam akan beransur-ansur hilang. Ini merupakan obat alternatif dan solusi bagi yang mengalami panas dalam atau sariawan. Silahkan dicoba ya!

4. Menstabilkan Gula Darah

Caranya adalah dengan merebus beberapa helai daun jarak setiap hari, lalu minum airnya. Bagi Anda yang memiliki riwayat gula darah tinggi bisa mencoba dengan meminum air rebusan daun jarak minimal 2-3 kali seminggu. Minum air rebus secara rutin sangat ampuh untuk mencegah naiknya gula darah.

5. Dapat Memperbaiki Kerusakan Hati

Selain memperbaiki kerusakan hati, juga dapat menyembuhkan peradangan.

6. Dapat Melawan Bakteri

Caranya dengan mencampur ekstrak daun jarak dengan ekstrak aseton untuk memaksimalkan manfaatnya melawan bakteri dalam tubuh. Diantara khasiatnya dapat melawan bakteri dermatopik dan patogenik seperti E coli, S aureus, K pneumonia, dan bakteri jenis Strep.

7. Meredakan Reumatik

Penyakit Reumatik yang dapat menyebabkan nyeri pada persendian akibat peradangan kerap menyerang orang dewasa. Rasa sakit yang ditimbulkan dapat mengganggu pergerakan tubuh dan kadang sangat menyakitkan yang berakibat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara Pengobatan : Ambil beberapa lembar Daun Jarak dan giling sampai halus, setelahnya tambahkan air hangat, kemudian usapkan pada bagian tubuh yang sakit.

8. Dapat mengobati Luka

Menurut para ahli, Daun Jarak pagar memiliki senyawa antibakteri yang berkhasiat dapat mengobati luka pada kulit, khususnya luka yang sudah terlanjur terkena infeksi bakteri.

Cara penggunaannya, oleskan getah daun jarak pada kulit yang luka. Lakukan beberapa kali hingga luka mengering dan kulit menjadi membaik.

9. Meredakan Demam Pada Anak

Caranya bisa dengan meminum air remasan daun jarak atau bisa juga dengan menempelkan berapa lembar daun jarak pada tubuh anak. Selain itu bisa juga ditambahi minyak kayu putih pada lembar daun jarak yang telah dicuci, dan usapkan pada tubuh anak.

10. Dapat Mengatasi Sembelit

Daun jarak merupakan obat pencahar alami, yang juga berkhasiat untuk mengatasi konstipasi.

Itulah 10 manfaat daun jarak bagi Kesehatan tubuh yang telah banyak diketahui dan menghasilkan manfaat dan kegunaan bagi masyarakat. Walaupun banyak sekali manfaat dari daun jarak dan minyak jarak, disarankan, sebaiknya tidak mengonsumsinya dengan berlebihan.

Karena pohon jarak sendiri adalah merupakan salah satu tanaman berbahaya atau beracun dan daun jarak menjadi bagian yang mengandung racun tersebut meskipun tidak sebanyak pada buah atau biji jarak.

Adanya penemuan dengan munculnya beberapa penyakit tertentu, seperti penyakit saraf merupakan efek samping yang bisa terjadi apabila terlalu banyak mengonsumsi daun jarak. Jadi sebaiknya gunakan daun jarak sebagai obat dengan semestinya, jangan berlebihan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *