5 Aplikasi Chat Buatan Anak Bangsa Yang Wajib Kamu Ketahui

Inilah Aplikasi Chat Buatan Anak Bangsa

Innovationvibe – Inilah 5 Aplikasi Chat Buatan Anak Bangsa, melalui pertumbuhan teknologi yang sangat masif membuat hampir semua aspek kehidupan tersentuh oleh layanan internet. Lebih lagi dalam hal interaksi sesama manusia. Komunikasi saat ini lebih banyak pada saluran digital atau internet, yang tanpa batas dan semakin mudah dilakukan berkat aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh para pengembang.

Di negara kita sudah lama pengguna kebanyakan menggunakan aplikasi-aplikasi buatan luar negeri yang dibuat oleh pengembang di negara tersebut. Padahal saat ini sudah ada aplikasi keren yang juga tidak kalah berkualitas dengan aplikasi buatan luar negeri tersebut. Baca juga: Begini Cara Mengaktifkan Editor WordPress ke Versi Lama Dengan Mudah

Banyak sekali yang bertanya, apa ada aplikasi chatting buatan dalam negeri yang oke kalau digunakan, karena pada umumnya kita sering menggunakan aplikasi chat buatan bangsa lain, seperti dulu sekali ada BBM, sekarang ada WhatsApp, Telegram, FB Messenger dan sebagainya.

Ternyata, di Tanah Air sudah ada beberapa aplikasi chat yang asli dibuat oleh anak-anak Indonesia, lho. Aplikasi buatan anak Indonesia ini tentunya memiliki fungsi yang tak jauh berbeda dengan aplikasi chat populer lainnya. Sebagai warga negara Indonesia tentunya kita bangga untuk menggunakan produk lokal, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi chat buatan anak bangsa berikut ini. Baca juga: Perkembangan Komputer Saat Ini Yang Pesat dan Mengagumkan

Disini kita rangkum 5 aplikasi chat buatan anak Indonesia yang bisa Anda coba:

  1. IMESS (Indonesia Messenger)

Indonesia Messenger atau IMess merupakan salah satu aplikasi chatting keren di Indonesia. IMess adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan dengan multiplatform. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, serta semua tipe file atau berkas. IMess juga menyediakan pengiriman pesan ujung ke ujung dengan terenkripsi opsional.

Indonesia Messenger

Aplikasi percakapan ini dikembangkan oleh seorang blogger Indonesia asal Bogor yang juga merupakan seorang founder dari situs dailybogor.com, dia meyakini para pengguna internet dalam negeri dapat mendukung karya asli anak bangsa melalui layanan chatting ini. Saat ini layananchatting ini sudah berafiliasi dengan aplikasi Telegram dan juga merupakan layanan yang berbasis pesan instan yang sama dengan Whatsapp, FB Messenger, Line dan lain sebagainya.

Akan tetapi beda dari aplikasi ini dengan aplikasi lain tersebut adalah bahwa IMESS lebih berasa Indonesia nya. Bagi yang ingin tahu dan penasaran, aplikasi ini dapat di download di Play Store.

  1. Catfiz

Aplikasi bernama Catfiz karya anak bangsa yang satu ini berhasil merebut hati pengguna smartphone Android di seluruh dunia. Catfiz merupakan aplikasi layanan instan yang dikebangkan oleh Duniacatfish Kreatif Media yang berpusat di Surabaya. Hingga saat ini Aplikasi ini sudah lebih daridua juta kali diunduh oleh pengguna dan aktif digunakan di banyak negara, seperti Arab Saudi, Kuwait, India, Amerika Serikat, Brazil, dan tentunya Indonesia. Disisi lain, Catfiz juga telah mampu mengantarkan 750 juta pesan per hari.

catfiz app chatting

“Catfiz pada dasarnya adalah aplikasi instant messenger seperti halnya aplikasi messenger lainnya, namun Catfiz lebih kaya akan fitur media sosial. Di aplikasi ini juga ada fitur like, timeline, dan page seperti Instagram. Jadi ini merupakan gabungan dari semua media sosial yang sudah ada,” ungkap Co-Founder Catfiz, Mochammad Arfan, baru-baru ini.

Salah satu kelebihan Catfiz adalah penggunanya bisa membuat Group Messages untuk saling berbagi konten, mulai dari foto, video, audio, hingga file. Serta beberapa fitur bawaan aplikasi Catfiz adalah personal messages, updates, broadcast message, stickers, serta masih banyak lagi.

“Di Catfiz telah ada fitur yang bisa streaming tanpa perlu lagi buat di download. Seperti ada pengguna yang upload videonya, nanti oleh penerima video itu dapat langsung memutarnya tanpa harus mengunduhnya. Fitur streaming ini adalh kelebihan dan salah satu andalannya Catfiz,” terang Arfan.

Catfiz juga telah resmi menjadi salah satu dari tiga aplikasi Over The Top (OTT) lokal yang mendapat dukungan penuh dari Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI). Melalui dukungan dan pembinaan yang didapatkan antara lain melalui promosi layanan melalui jaringan milik operator, di antaranya pengiriman SMS Broadcaster, pencantuman logo, link, dan banner.

  1. Stealth Messenger

Aplikasi Stealth Messenger ini memfokuskan layanannya pada pesan yang tidak mudah terlihat oleh pihak yang tidak diinginkan oleh para penggunanya. Inilah yang menjadikan Stealth Messenger wajib memiliki serangkaian teknologi enkripsi data yang sangat bagus, Rockliffe selaku tim pengembang mengklaim bahwa aplikasi mereka menggunakan teknologi AES/EAX serta fungsi derivatif password PBKDF.

Dalam hal ini, bagaimana sebuah pesan dapat terjaga di sebuah perangkat, jelas menjadi perhatian utama bagi para penyedia aplikasi layanan pesan ini. Keamanan data prioritas nomor wahid, ini dibuktikan dengan kehadiran aplikasi sepert Telegram, RightHere Messenger, dan Stealth Messenger yang menonjolkan sisi keamanan informasi sebagai salah satu fitur andalannya.

Stealh Messenge app

Perbedaannya dari aplikasi serupa lainnya, pengguna juga diminta memasukkan password setelah melalui proses verifikasi nomor ponsel. Password tersebut digunakan untuk membuka layar dan urusan keamanan lainnya. Password tentunya dapat diubah pada opsi pengaturan. Dari sisi tampilannya, aplikasi Stealth Messenger terlihat segar dan rapi yang di dominasi oleh warna putih dan ungu dan nyaman dipandang, ini merupakan sisi yang baik untuk menjadi kebiasaan pengguna mengobrol dalam rentang waktu yang cukup lama.

Aplikasi Stealth Messenger kalau dilihat dari sisi security memang tidak main-main. Aplikasi ini mampu secara auto mengunci layar dalam waktu lima detik hingga lima menit sesuai keinginan pengguna. Untuk pengaturan pesan waktu default dari setiap pesan yang terkirim, bisa satu menit bahkan 24 jam. Pengguna yang terlibat obrolan panjang tentu saja akan melihat pesan mereka sebelumnya hilang atau terbakar satu per satu jika waktu Burn Messages yang ditentukan adalah minimum satu menit.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dengan tidak diizinkan pengguna melakukan screen-capture pada saat melakukan percakapan. Sehingga, informasi yang kemungkinan bocor akan semakin menipis, dikarenakan pengguna tidak lagi dapat mengakses riwayat percakapan karena tidak ada yang tersimpan baik secara lokal maupun di server yang dimiliki Stealth Messenger sendiri.

  1. Yogrt

Dikembangkan oleh perusahaan Kongko Digital, Yogrt tidak sama seperti aplikasi messenger lainnya, Disebabkan aplikasi ini adalah aplikasi khusus mencari teman baru di dunia maya, tapi melalui cara yang unik dengan dipadukan oleh permainan atraktif. Platform dari aplikasi Yogrt punya metode berbeda dalam menyajikan serangkaian permainan interaktif untuk mencocokan minat di antara kedua belah pihak sesama pengguna.

yogrt app chat

Keunikan aplikasi Yogrt adalah jika dengan berbagai rupa aplikasi, mulai dari jenis aplikasi media sosial, messenger, hingga mobile game, lalu dijadikan satu, seperti itulah kira-kira aplikasi ini.

  1. Iyaa Messenger

Iyaa Messenger merupakan aplikasi messenger yang siapapun penggunanya bisa melakukan chatting dengan berbagai varian karakter dan emotikon komik, yang otomatis terkirim sebagai pesan. Selain teks, pesan juga dapat ditampilkan melalui berbagai macam karakter dari avatar, serta background yang menggambarkan komik.

Iyaa Messenger app chat

Menariknya, Iyaa Messenger bisa berkomuniksi oleh sesama pengguna dengan berbentuk kartun. Yang secara langsung, kartun terbentuk saat pengguna sedang chatting. Juga ada beberapa teks yang dapat divisualisasikan melalui karakter dan latar belakang yang unik. Kesan lucu dari aplikasi ini adalah, seolah-olah pengguna menjadi sosok kartun yang setiap karakternya dapat berubah-ubah.

Nah, itulah 5 aplikasi buatan dalam negeri yang cukup mendapat tempat oleh pengguna, baik dalam maupun luar negeri.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *