Bingung? Ini Cara Mudah Lapor Pajak Online Tahunan Orang Pribadi

Cara Lapor Pajak Online Tahunan Orang Pribadi

 

InnovationVibeCara Mudah Lapor Pajak Online Tahunan Orang Pribadi  – Masih bimbang langkah lapor pajak online dengan e-Filing? Berikut tutorial isi SPT tahunan online orang individu. Semenjak Modul Akseptasi Negara Angkatan 2 (MPN G2) dikeluarkan, Direktorat Jenderal Pajak memadukan semua program perpajakan, baik e-Filing dan e-Billing ke dalam situs DJP Online.

Dalam kata lain, harus pajak makin dipermudahkan untuk menyelesaikan semua keharusan perpajakannya seperti bayar pajak dan lapor pajak. Karena, proses bayar dan lapor pajak sekarang dapat dilaksanakan secara online. Pada kesempatan ini, kita akan konsentrasi pelajari langkah lapor pajak secara online lewat e-filing untuk harus pajak orang individu. Untuk lebih detilnya, silahkan kita baca keterangan di bawah ini.

Baca juga: Praktis, Ini Cara Mudah Dapatkan EFIN Online Untuk Lapor Pajak Tahunan

Lapor Pajak Online Lewat E-Filing

E-filing adalah satu langkah pengutaraan SPT secara elektronik yang dilaksanakan secara online dan real time lewat internet pada web Ditjen Pajak atau Penyuplai Service SPT elektronik atau Application Servis Provider (ASP). Seperti sudah disebut sebelumnya, dengan e-filing, Harus Pajak bisa lakukan laporan pajak lebih cepat dan mudah.

Apa yang Harus Disiapkan untuk Lapor Pajak Online?

Untuk lapor pajak online, harus pajak baik tubuh atau orang individu harus mempunyai EFIN (Electronic Filing Identification Number) dan dokumen SPT yang akan disampaikan. Umumnya, harus pajak orang individu menggenggam dua tipe dokumen SPT yaitu:

  • SPT/Formulir 1770 S untuk yang menerima kerja yang mempunyai pendapatan lebih dari Rp 60 juta dalam satu tahun.
  • SPT/Formulir 1770 SS untuk yang menerima kerja dengan pendapatan kurang dari Rp 60 juta dalam satu tahun.
  • SPT/Formulir 1770 untuk orang individu yang mempunyai usaha atau pekerjaan bebas.
  • SPT/Formulir 1771 untuk wujud tubuh usaha seperti PT (Perseroan Terbatas), CV (Comanditer Venture), UD (Usaha Dagang), Yayasan, Organisasi, atau Perkumpulan.

Langkah Lapor Pajak Online SPT Tahunan Individu

Untuk harus pajak yang pengin memberikan laporan pajak tahunan lewat e-filing, tanggal 31 Maret ialah batasan akhir waktu laporan. Bila memberikan laporan SPT melalui dari tenggat itu, karena itu harus pajak akan dikenai denda sebesar Rp 100.000. Nah, supaya tidak terkena denda, yok, adukan SPT kalian dengan cara berikut:

  • Bila kamu baru memberikan laporan pajak untuk pertamanya kali, kerjakan aktivasi EFIN yang nanti akan dipakai untuk mengaktivasi account e-Filing.
  • Sesudah mengaktivasi EFIN, datangi web DJP Online (djponline.pajak.go.id) untuk bikin account. Kemudian, membuka e-mail untuk mengaktivasi e-mail account selanjutnya saran nomor NPWP dan sandi.
  • Sesudah sukses masuk, click menu e-Filing dan tentukan tab SPT lalu tentukan jawaban dan isi formulir sesuai keadaan sesungguhnya.
  • Langkah untuk memperoleh formulir SPT Tahunan Pajak Tubuh 1771 ada 2, yaitu lewat software e-SPT dari Direktorat Jenderal Pajak, dan lewat e-Form DJP Online. Akses formulir SPT Tahunan Tubuh 1771 pada software e-SPT dari DJP: Pas buat harus pajak tubuh yang disebut perusahaan bertaraf besar yang punyai banyak transaksi bisnis. Akses formulir SPT Tahunan Tubuh 1771 pada e-Form DJP Online: Pas buat perusahaan rintisan atau pemula sebab datanya yang sedikit. Karena e-Form tidak mempunyai feature impor data dan harus masukkan data secara manual
  • Yakinkan formulir terisi dengan komplet, click kesepakatan dan mengambil code klarifikasi yang dikirim lewat e-mail atau SMS.
  • Membuka code klarifikasi yang dikirimkan, untuk dimasukkan pada dalam kolom code pengangkutan. Selanjutnya click tab “Kirim SPT”.
  • Tingkatan selanjutnya, membuka e-mail kembali untuk pastikan apa Harus Pajak telah terima sinyal terima elektronik SPT Tahunan. Selanjutnya bikin dan taruh.
  • Paling akhir, taruh baik NPWP, nomor EFIN, alamat e-mail dan sandi, dan sandi DJP online sebab akan dipakai untuk melapor SPT tahun selanjutnya.

Perlu dikenang, untuk ke-3 tipe laporan SPT Tahunan Individu batasan paling akhir mengurusi spt individu ialah sama yakni tanggal 31 Maret. Dalam soal tanggal 31 Maret ialah hari liburan, karena itu umumnya akan ditata lewat surat keputusan Dirjen Pajak apa laporan SPT Tahunan Individu itu ditunda atau dimajukan. Sedang untuk Harus Pajak Tubuh, batasan waktu diputuskan sampai akhir April 2021.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *