Terkuak! Beginilah 2 Cara Gunakan VPN di PC atau Laptop

Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop

InnovationVibeTerkuak! Beginilah 2 Cara Gunakan VPN di PC atau Laptop – Halo teman-teman semuanya! Beberapa tahun belakangan ini marak sekali dijagat dunia maya istilah VPN.  Pada dasarnya VPN merupakan kependekan dari Virtual Private Network dimana merupakan sebuah layanan koneksi yang memberikan kamu akses ke website secara aman dan pribadi dengan cara mengubah jalur koneksi melalui server serta menyembunyikan pertukaran data yang terjadi ketika mengaksesnya. Di Indonesia VPN sering digunak untuk mengakses file, dokumen, bermain game online, serta untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah seperti website untuk menonton film secara ilegal (drama korea, hollywood dll) dengan cara mengenkripsi terlebih dahulu melalui VPN Server.

Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop - VPN server

Adapun kelebihan VPN ialah kerahasiaan data kamu yang berupa riwayat akses internet menjadi lebih aman. Selain itu identitas IP/Address kamu tidak diketahui secara oleh khalayak serta kamu dapat melakukan akses jaringan di wilayah geografis yang berbeda. Sedangkan kekurangannya yaitu lambatnya koneksi (tidak stabil), konfigurasi manual yang cukup rumit serta adanya batasan penggunaan berupa batasan teknologi dan hukum.

Kebanyakan orang menilai, bahwa VPN hanya bisa digunakan melalui Smartphone. Namun sejatinya VPN bisa digunakan loh melalui PC atau Laptop. Tidak tau caranya? Berikut penulis bagikan tips atau cara  menggunakan VPN melalui PC atau laptop.

Buatlah Akun Terlebih Dahulu untuk Mengaktifkan VPN

Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop - aktif VPN
(Ilustrasi Grid.id)

Sebelum kamu mengaktifkan VPN di pengaturan Windows, kamu diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu agar mendapatkan IP untuk mengkoneksikannya. Akun tersebut bisa dibuat melalui TCP VPN. Adapun carnya ialah :

  • Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang baik
  • Buka Browser (baik itu Mozilla atau Google Chrome), lalu kunjungi situs Tcpvpn.com

Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop - Tcpvpncom

  • Pilihlah server mana yang ingin kamu gunakan. Dalam web ini tersedia server Asia, Eropa dan Afrika (bebas kamu memilih negara mana aja).
  • Setelah memilih salah satu server, kamu klik “Create Username and Password” untuk mendaftar akun sehingga dapat lanjut ke proses berikutnya.
  • Setelah mendaftar isikan username dan password kamu lalu klik “Created Premium Account”, simpanlah akun tersebut. Disini nanti kamu perlu mendownload Config yang disediakan dengan menekan tombol “Download Premium VPN Config”.
Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop - download premium VPN
Pic by Berakal.com
  • Setelah selesai membuat akun, hal yang harus kamu lakukan ialah mengaktifkan VPN dengan menggunakan pengaturan Windows.

Selain di Tcp VPN, kamu juga bisa membuat akun untuk menggunakan server VPN melalui www.vpnjantit.com. Adapun langkah-langkahnya ialah :

    • Buka situs VPNJantit, setelah itu pilih FREE . VPN SSH dan klik FREE PPTP
  • Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop - VPN SSH
    (Gambar : Masdicky)
    • Nanti kamu akan ditambilkan berupa pilihan IP dari beberapa negara, kamu tinggal scroll saja lalu pilihlah jenis server yang kamu inginkan.
  • Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop - VPN server Asia
    • Setelah itu, pilihlah server yang masih berkategori “Available” lalu buatlah akun dengan mengklik “Created Account”
  • Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop - created account
    • Nah setelah itu silahkan kamu buat username dan password, jika sudah klik Create Account.
    • Apabila berhasil nantinya akan ada tampilan berupa IP yang akan kamu gunakan untuk mengaktifkan VPN.

Masuk ke Pengaturan Windows

Nah setelah kamu membuat akun dari salah satu situs yang penulis berikan, sekarang saatnya kamu masuk ke pengaturan Windows untuk mengaktifkan VPN.  Adapun langkah-langnya ialah :

  1. Masuk ke Windows setting lalu pilihlah Network & Internet
  2. Setelah itu kamu klik menu VPN lalu pilih Add a VPN Connection.
  3. Jika sudah isilah data-data yang dibutuhkan berupa IP dan server VPN yang tadi telah kamu buat melalui tcp vpn atau vpnjantit.
  4. Jika sudah maka nanti kamu akan mendapatkan kolom berupa profil akun kamu, tinggal klik saja Connect.
  5. Untuk memastikan VPN kamu sudah aktif dan terhubung, maka kunjungilah situs com untuk mengecek IP nya. Jika sesuai dengan akun kamu maka selamat, koneksimu telah terhubung VPN!

Akhir Kata

Nah teman-teman, itulah 2 cara buat kamu yang ingin mengaktifkan VPN di PC ataupun Laptop. Jika kamu memiliki cara lain atau ingin bertanya silahkan melalui kolom komentar ya!. Perlu diingat gunakanlah VPN ini dengan bijak dan positif, serta untuk mencegah dari hal yang tidak diinginkan JANGANLAH kamu mengakses internet dengan VPN apabila membuka situs perihal hal yang sensitif seperti “Mbanking” atau situs yang mana itu merupakan kebutuhan kerjamu. Mohon maaf apabila banyak kekurangan dan salah kata, sampai jumpa di tulisan selanjutnya!.

Baca juga: Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10
Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi Indihome

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *