Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10

InnovationvibeCara Masuk Ke Safe Mode Windows 10 – Safe mode (mode aman) merupakan opsi pilihan start up windows dengan fungsi utama untuk menangani andaikan ada yang bermasalah dengan sebuah sistem. Dalam mode ini windows akan berjalan dengan kondisi yang minimal, hanya file dan driver paling penting saja yang di aktifkan. Ketika kamu sudah masuk kedalam safe mode nantinya akan terlihat tulisan “Safe Mode” di pojok atas tampilan windows.

Adapun fitur-fitur dalam Safe mode pada windows 10 bermanfaat untuk melakukan troubleshooting windows serta memperbaiki driver yang eror. Selain itu juga dapat menghapus virus atau malware, melakukan restore sistem, memeriksa VGA, menjalankan beberapa fitur dari Control Panel, menghapus aplikasi yang bermasalah secara otomatis dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada dua langkah cara masuk ke safe mode windows 10

Melalui Advanced Startup

  • Klik star icon windows lalu pilih setting

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10 - start icon windows

  • Jika suda masuk ke tampilan setting, pilih atau klik update & security

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10 - setting

  • Pilih Recovery lalu klik Restart now

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10 - recovery

  • Nanti akan masuk ke proses booting, nah setelah itu kamu akan diarahkan ke lingkungan pemulihan windows. Pilihlah Trouble Shoot.

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10 - troubleshoot

  • Setelah itu pilih Advanced Options

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10 - advanced options

  • Kemudiah pilih start up setting

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10 - startups setting

  • Setelah itu klik Restart

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10 - restart

  • Sebelum masuk ke mode safe mode, dalam situasi umum nanti akan ada beberapa pilihan, kamu pilih saja enable safe mode, enable safe mode with networking dan terakhir enable safe mode with command promt nomor 4,5,6.

Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10 - safe mode

  • Selesai deh, kamu nantinya secara otomatis akan masuk kedalam safe mode windows 10 !, untuk memastikan berhasil atau tidak liat saja pada pojok kanan bawah. Apabila ada tulisan “Safe Mode” maka itu berhasil.

Melalui Login Screen

  1. Restart lah windows kamu dan tunggulah sampai muncul login screen atau sig in screen.
  2. Setelah berada di halaman tersebut, tekan tombol shift lalu tahan nanti akan muncul beberapa icon di pojok kanan. Klik icon power lalu klik restart
  3. Nah tunggu lah beberapa saat nanti kamu akan masuk ke Winree ataupun proses booting.
  4. Setelah itu pilih Troubleshoot, lalu klik Advanced options, pilih Startup Settings dan kemudian Restart. (sama seperti yang sebelumnya)
  5. Usai restart nantinya akan terlihat daftar windows startup options, kamu tinggal pilih saja Safe mode nya. Dan selesai deh!

Akhir Kata

Gampang banget kan? Begitulah cara masuk ke safe mode windows 10, silahkan buktikan sendiri dan dijamin work loh gaes. Apabila kamu ingin bertanya memiliki cara tersendiri boleh di share di kolom komentar. Mohon maaf apabila banyak kekurangan dan kesahalan kata, sampai jumpa di tulisan selanjutnya dan selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *