Cara Membuat Google Form Dengan Mudah Beserta Fungsinya

cara membuat google form

InnovatioVibeCara Membuat Google Form Denga Mudah Beserta Fungsinya – Inovasi Terbaru dari Google Docs tentang bagaimana membuat template atau formulir secara online adalah Google Form. Dengan menggunakan fitur Google Form ini Anda bisa membuat formulir. Bisa juga mengelola data pendaftaran acara serta kuesioner seperti polling, jajak pendapat dan lain sebagainya. Nah, bagaimana cara membuat Google Form dengan mudah dan praktis? Ikuti dan baca artikel ini.

Sebelum Anda membuat Google Form, harus terlebih dahulu memiliki akun Google atau gmail. Apabila sudah memiliki akun google maka Anda akan langsung terhubung dengan produk google yang lain. Salah satunya Google Drive, akun ini berfungsi sebagai tempat untuk membuat google form.

Lantas, Apa Saja Fungsi Google Form?

 Bisa Membuat Formulir Pendaftaran Kerja

Dalam hal ini Anda bisa menginput contoh pertanyaan dan jawaban calon karyawan tanpa butuh membuat formular lagi menggunakan format seperti Google Docs.

Bisa Membuat Kuesioner

Google form juga berguna untuk Anda dalam membuat Kuesioner yang dapat membantu untuk berbagai hal, seperti untuk penelitian, memberi saran dan kritik maupun feedback.

Bisa Membuat Formulir Sebuah Event

Ini bisa digunakan untuk memberikan informasi kepada orang dengan hanya menggunakan link untuk menyebarkan kegiatannya tanpa harus harus dikerjakan lagi secara manual.

Bisa Membuat Form Data Informasi Kontak

Formulir ini digunakan sebagai informasi untuk mengumpulkan data seperti email atau nomor handphone untuk tujuan keanggotaan maupun pemasaran.

Bisa Membuat Formulir Sebuah Produk

Google form juga bermanfaat untuk Anda yang memiliki usaha online atau memiliki toko online. Dengan membuat form ini pembeli saat belanja atau melakukan pembelian artinya Anda tidak perlu merekap secara manual lagi.

Bisa Membuat Form Submit Lomba

Form Submit Lomba bisa dibuat dengan memakai opsi “File upload”, dan untuk mengoleksi file yang dibutuhkan, baik untuk pertandingan, penerimaan karyawan, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Google Forms Dengan Benar

Ini Langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dalam Membuat Google Forms:

cara membuat google form dan fungsinya

  • Buka link ini disini , klik Blank atau pilih template.
  • Kemudian Buka Google Drive, klik New > Lainnya. Di sebelah Google Forms, Arahkan arahkan ke Panah kanan dan klik Blank form or a template.
  • Isi Nama formulir Anda: Di pojok kiri atas, klik Untitled form atau nama formulir template dan input nama baru.
  • Tambahkan deskripsi: Di bawah nama form, tambahkan teks Anda (Opsional)
  • Ganti warna background atau tema: Klik palet (Palet Warna) lalu pilih warna atau tema (Opsional)
  • Formulir Anda akan memenuhi bagian tengah layar, dengan ruang untuk judul dan deskripsi diikuti oleh kolom formulir
  • Klik bidang formulir untuk mengeditnya dan tambahkan sebuah pertanyaan.
  • Pakai kotak dropdown di samping lapangan untuk memilih jenis bidang, seperti pilihan ganda, kotak tanda centang, jawaban singkat, dan lain-lain.

Google Forms juga menyediakan sejumlah pilihan pengaturan. Toolbar yang berada di samping kanan membantu Anda menambahkan lebih banyak bidang formulir. Di menu kanan atas Anda dapat mengedit skema warna form, melihat pratinjau formulir, pakai tombol Send untuk berbagi formulir, dan akses pilihan tambahan lainnya, juga bisa menginstal add-on untuk Forms.

cara membuat google form melalui google drive

Berpindah dari tab Pertanyaan ke tab Responses di editor formulir Anda untuk melihat respon saat ini terhadap formulir Anda dan hubungkan ke spreadsheet. Yang akan Anda kerjakan adalah membuat pertanyaan Anda dan mengirimkan formulirnya. Jadi kita bisa melihat opsi dan apa yang akan Anda lakukan.

Google form ini membantu Anda dalam menyimpan data baik itu untuk penelitian, survey, membuat pertanyaan atau membuat event-event. Semua data Anda akan otomatis tersimpan di server kepunyaan Google. Jadi, Anda tak perlu cemas lagi akan kehilangan data. Layanan Google form ini sangat praktis, gampang, aman dan mudah sekali dipelajari sekaligus dipraktekkan.

Akhir Kata

Nah, itulah penjelasan singkat apa itu fungsi Google Form dan bagaimana cara membuat Google Form dengan mudah dan praktis. Semoga artikel dapat membantu memudahkan Anda dalam bekerja maupun belajar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya. Terima kasih!

Baca juga: Langkah Membuat Grafik Pada Microsoft Excel 2010
Baca juga: Cara Menggunakan Google Sheet dengan Benar

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *