Gak Usah Bingung! Inilah Cara Mendownload File di Google Drive

cara mendownload file di google drive - shared with me

InnovationVibeGak Usah Bingung! Inilah Cara Mendownload File di Google Drive – Dalam pekerjaan yang berhubungan dengan aktivitas online seperti oldshop, startup, video editor dan lain-lain. Untuk mempermudah proses pengambilan, penyimpanan serta pengiriman file/data  elektronik dengan jumlah yang banyak  dan  memakan memori yang cukup besar, sering kali sebuah perusahaan dan pekerjanya menggunakan situs atau aplikasi Google Drive yang  merupakan layanan penyimpanan data  oleh Google LLC yang  diluncurkan pada tanggal 24 April 2012.

Situs atau aplikasi ini bermanfaat untuk menyimpan data dalam sebuah server dan mensinkronisasi data tersebut di perangkat yang berbeda serta saling berbagi berkas secara daring.  Dalam pengunaanya,  Google memberikan kapasitas memori penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis, lebih dari itu jika tetap ingin menyimpan data di server mereka maka kamu harus membayar secara perbulan atau pertahun sesuai paket berlangganan yang kamu ambil dengan kapasitas memori maksimal 30 TB.

Namanya sebuah sistem, dibeberapa massa pasti nanti akan ditemukan  kendala-kendala teknis yang membuat sebagian orang bingung. Di Google Drive salah satu kendala yang  kerap ditemukan ialah tidak dapat mendownload file atau data kiriman yang tersimpan pada server tersebut. Sebenarnya, itu bukanlah sebuah masalah besar karena memang ada beberapa cara untuk mendownload sebuah file di Google Drive. Kamu tidak perlu khawatir, berikut innovationvibe.com rangkum beberapa cara mendownload file di google drive dengan mudah.

Berikut Cara Mengunduh File di Google Drive

  • Pastikan file atau data yang ingin di download berstatus “Open Sharing”

Biasanya sebuah file yang tidak bisa di download itu karena akses dari pemilik data bersifat pribadi sehingga tidak bisa dilihat atau dibagikan secara publik. Apabila itu terjadi maka  kamu harus meminta onwer yang memiliki akses tersebut untuk membuka status nya di menu Share Settings lalu pilih Share and export dan aktifkan Link Sharing

cara mendownload file di google drive

  • Masuk ke file yang ingin di download

Pilihlah  file yang ingin di download setelah  ittu nantinya kamu akan diarahkan ke perivew file untuk memastikan data yang ingin kamu unduh.

  • Setelah semuanya sudah oke kamu hanya tinggal klik ikon berbentuk panah kebawah yang berada di menu paling kanan atas. Maka nantinya hanya tinggal menunggu file tersebut selesai terdownload secara otomatis.

cara mendownload file di google drive - otomatis

Ada  hal lain, biasanya apabila kapasitas dalam data tersebut memiliki memori yang cukup besar serta Google tidak dapat memindai virus yang terdapat didalamnya, secara otomatis kamu akan diberikan sebelum melakukan pengunduhan. Namun apabila sudah yakin akan file itu, kamu hanya tinggal klik tetap download dan selamat!  file tersebut akan ke download secara otomatis.

cara mendownload file di google drive 2

Apabila cara tersebut tidak berhasil, itu biasanya diakibatkan karena adanya batasan limitasi jumlah download yang disediakan oleh Google Drive. Untuk itu kami mempunyai trik agar kamu tetap bisa mendownload file/ data tersebut, berikut langkah-langkahnya :

  • Lihatlah alamat situs (link) file Google drive tersebut lalu gantilah kalimat “UC” menjadi “Open”
cara mendownload file di google drive - uc menjadi open
Pic By Petunjuk.id
  • Nanti kamu akan diantar ke periview file, kamu tinggak klik logo google drive yang ada simbol + (Add to my drive) yang berada pada pojok kanan atas.

cara mendownload file di google drive - simbol plus

  • Setelah itu pergilah ke halaman utama google drive lalu cari menu Share With Me (Dibagikan kepada saya)

cara mendownload file di google drive - shared with me

  • Temukanlah file yang telah ditambahkan tesebut lalu klik kanan dan pilih make a copy.
cara mendownload file di google drive - make a copy
Pic By Petunjuk.id
  • Nantinya file yang akan disalin muncul ke menu Drive Saya (My Drive), carilah data yang akan di unduh tersebut. Apabila sudah menemukannya kamu hanya tinggal klik kanan lalu pilih download dan tunggulah proses download tersebut dimulai.

cara mendownload file di google drive -download

Akhir Kata

Nah begitulah, cara atau langkah-langkah bagi kamu yang mengalami kesulitan saat hendak ingin mendownload sebuah file atau data yang ada di Google Drive. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan kesalahan kata. Apabila kamu memiliki tips lain atau ingin bertanya silahkan di kolom komentar ya!, terimakasih dan selamat mencoba!.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mouse Wireless dengan Mudah
Baca juga: Cara Membuat Google Form Denga Mudah Beserta Fungsinya

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *