Cara Menggunakan Google Sheet dengan Benar

InnovationVibeCara Menggunakan Google Sheet dengan Benar – Langkah membuat Google Sheet kemungkinan dipandang cukup susah untuk orang yang belum memahami. Walau sebenarnya, jika sudah pahami, langkah menjalankannya lumayan gampang!

Google Sheet atau Google Spreadsheet dapat menolongmu dalam soal pekerjaan, termasuk memproses file Microsoft Excel. Sayang, sampai sekarang ini ada banyak orang yang belum pahami bagaimanakah cara memakai Google Sheet sebagai salah satunya feature Google paling populer.

Jika kamu masih tetap termasuk pemula, tidak perlu cemas! Kesempatan ini Jaka akan menerangkan langkah memakai Google Spreadsheet dengan gampang. Baca baik-baik, ya!

Apakah itu yang Dimaksud Google Sheet?

Saat sebelum masuk di ulasan khusus, sebaiknya kamu ketahui dahulu apakah itu Google Sheet atau yang dikenal juga dengan panggilan Google Spreadsheet. Google Sheet ialah software atau program berbasiskan situs yang ditingkatkan oleh Google dan berperan untuk bikin tabel, penghitungan, sampai pemrosesan data.

cara mudah menggunakan google spreadsheet 2021

Sesungguhnya, Google Sheet tidak berbeda jauh dengan Microsoft Excel. Kamu bisa juga membuat formulasi data dalam cell yang ada seperti saat memakai rumus Excel. Software berbasiskan cloud computing ini memercayakan akses internet agar bisa dipakai. Walau demikian, kamu bisa juga mengubah hasilnya secara off line.

Langkah dalam Membuat Google Spreadsheet

Sama seperti yang Jaka sebut barusan, Google Sheet mempunyai peranan yang tidak berbeda jauh dengan Microsoft Excel. Jadi, kamu dapat memproses data dengan bermacam rumus yang ada. Lalu, bagaimanakah cara buat Google Sheet dan menjalankannya untuk memproses data? Tidak perlu bingung! Baca saja penjeleasan secara lengkap di bawah ini!

  • Pertama, membuka program browser di netbook atau PC, lalu masukan alamat situs https://www.google.com/docs/about/. Click pada tab Spreadsheet yang berada di atas halaman.
  • Agar bisa terhubung Google Sheet dengan gratis, tentukan pilihan Individu dan click Membuka Google Spreadsheet. Yakinkan kamu telah login dengan account Google kamu.
  • Buat tabel dengan pilih Blank pada Start a New Spreadsheet.
  • Penampilan spreadsheet baru terbagi dalam sel, baris, dan kolom seperti Microsoft Excel. Di bagian atas, kamu dapat menukar judul spreadsheet.
  • Dibagian bawah, click kanan pada Sheet dan tentukan Rename untuk menukar nama sheet itu.
  • Isi tiap sel, kolom, dan baris pada file spreadsheet itu seperti keperluan pekerjaan. Triknya, click Insert dan tentukan pilihan yang dibutuhkan.
  • Disamping itu, click kanan pada sel yang diharapkan dan kamu akan menyaksikan bermacam pilihan dimulai dari menambah kolom, meniadakan kolom, dan yang lain.

Langkah Mengkonversi Excel ke Google Sheets

Untuk kamu yang mempunyai file Excel dan pengin mengubahnya di Spreadsheet, tidak boleh cemas! Karena, kamu dapat convert Excel ke Sheets dan mengubahnya dengan gampang. Lalu, bagaimanakah cara mengalihkan file Excel ke Google Sheets? Mudah, kok! Kamu tinggal turuti cara-caranya di bawah ini!

  • Membuka Spreadsheet, click File, lalu tentukan pilihan Impor.
  • Kemudian, mencari file Excel yang ingin kamu konversikan dan kamu langsung bisa mengubahnya di Google Sheets.
  • Langkah Membuat Pivot Tabel di Google Spreadsheet
  • Google Sheet bisa saja pilihan buat kamu yang pengin membuat pivot table tetapi tidak mempunyai software Microsoft Excel di netbook atau PC.

Bagaimanakah Cara Membuat Pivot Table di Google Sheet

Cara pertama kali dalam membuat pivot table di Google Sheet ialah mempersiapkan tabel yang kamu harapkan. Langkah menjalankannya cukup serupa dengan di Excel namun dengan sedikit modifikasi.

  • Masukan alamat situs https://www.google.com/docs/about/ di kolom penelusuran browser. Click pada tab Sheet yang berada di kiri atas halaman.
  • Agar bisa terhubung Google Sheet dengan gratis, tentukan pilihan Individual. Kemudian, login dengan account Google kamu. Bikinlah tabel dengan pilih Blank pada Start a new spreadsheet.
  • Jika kamu pengin coba feature pivot table di program pengolah angka ini tetapi tidak punyai tabel sendiri.
  • Sesudah tabel siap, sekarang waktunya kamu membuat pivot table, geng. Pertama kali, click pada ribbon Data yang ada dibagian atas monitor kamu. Dalam menu yang tampil, tentukan Pivot Table.
  • Jika kamu pengin membuat pivot table dalam spreadsheet yang serupa, tentukan Existing Sheet. Kemudian, tentukan posisi di mana kamu pengin tempatkan pivot table dengan tentukan simbol dengan wujud jendela.
  • Click pada kolom yang kamu harapkan. Anjuran Jaka, simpan pivot table beberapa kotak di bawah tabel yang sudah kamu bikin awalnya.
  • Sesudah usai, tentukan OK.
  • Pivot table kamu akan tampil, namun tidak ada data yang tampil. Lihat ke samping kanan monitormu lalu cari Pivot Table Editor.
  • Masukan Row, Coloumns, dan Nilai sesuai yang kamu harapkan.

Akhir Kata

Itulah sedikit uraian mengenai cara membuat atau menggunakan Google Spreadsheet dengan benar dan mudah. Semoga bermanfaat dan Silahkan mencoba ya.

Baca juga: Rumus Terlengkap Pada Microsoft Excel Beserta Kegunaannya

Baca juga: Langkah Membuat Grafik Pada Microsoft Excel 2010 Dengan Betul

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *