Cara Mirroring HP Ke PC atau Laptop Dengan Mudah

cara mirroring hp ke laptop dan pc menggunakan airdroid

InnovationVibeCara Mirroring HP Ke PC atau Laptop Dengan Mudah – Semakin berkembang nya zaman, semakin bertambah pula ide atau kreatifitas para pencinta teknologi untuk mengembangkan program yang kreatif dan pastinya berguna bagi masyarakat. Apakah sebelumnya pernah terfikirkan ? HP yang dulunya hanya bisa melakukan komunikasi berupa pesan suara dan text, kini bisa digunakan untuk melakukan komunikasi tatap muka dengan adanya kamera serta sistem operasi yang bertambah maju. Saat ini ada pembaharuan yang canggih loh , yaitu tampilan layar pada HP (Android) bisa juga ditampilkan pada layar komputer atau laptop yang biasa disebut dengan “Mirroring”.

Ini tentunya sangat berguna bagi para pemakai Smartphone yang memiliki keluhan sakit mata dan kepala ketika menggunakannya, kebanyakan  hal tersebut dikarenakan adanya terkena radiasi dari HP.  Untuk menampilkan atau menghubungkan layar HP Android ke PC, umumnya memakai aplikasi pihak ketiga, hal ini dikarenakan tidak adanya fitur khusus dari sistem operasi android. Lantas bagaimanakah caranya agar layar HP Android bisa terhubung ke laptop atau PC?

Cara Mirroring HP ke Laptop maupun Komputer

Menggunakan Screen Mirror

Screen Mirror merupakan aplikasi yang membuat layar tampilan HP Android Anda muncul di PC atau laptop yang diproduksi oleh Smart Dato vGmbH. Aplikasi ini tidaklah ribet, kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan kamu menggunakan jaringan seluler atau Wifi dan IP/Adress yang sama
  • Download dan instal aplikasi Screen Mirror di Google Play Store pada smartphone kamu

cara mirroring hp ke laptop dan pc menggunakan screen mirror

  • Setelah diinstal buka aplikasi Screen mirror pada Smartphone lalu tekan ikon next atau tanda ( > ).
  • Nanti kamu akan ditampilkan berupa panduan pemakaian aplikasi, lalu klik ikon merah yang berada di pojok kanan bawah.
cara mirroring hp ke laptop dan pc menggunakan screen mirror aplikasi
Pic by Nasabamedia
  • Nanti akan muncul kolom akses kamu klik saja ok (menyetujui)
  • Setelah itu kamu buka di browser PC atau Laptop link situs ini. Maka akan muncul kode QR, lalu arahkan kamera hp mu ke layar PC yang terdapat kode QR untuk proses scan.

cara mirroring hp ke laptop dan pc menggunakan screen mirror kode qr

  • Kemudian pilih Start Now, tunggulah beberapa menit, dan selamat layar HP kamu telah terhubung ke PC atau Laptop

Menggunakan AirDroid

Sama halnya dengan Screen Mirror, AirDroid merupakan aplikasi yang membuat layar tampilan HP Android Anda muncul di PC atau laptop, kelebihan dari aplikasi ini ialah kamu bisa mengakses file manager dari smartphone malalui PC dengan fitur yang terbatas. Lantas bagaimana cara menggunakannya?

  • Download dan instal aplikasi Airdroid di Google Play Store pada smartphone

cara mirroring hp ke laptop dan pc menggunakan airdroid install aplikasi

  • Setelah diinstal buka aplikasi, lalu buatlah akun untuk pengguna, disini kamu bisa menggunakan email atau masuk melalui facebook atau twitter.cara mirroring hp ke laptop dan pc menggunakan airdroid login email
  • Setelah mendaftar akun dan login, lalu bukalah situs melalui browser Pc dengan mengakses situs Airdroid, pastikan kamu menggunakan jaringan seluler atau Wifi den Ip/Adress yang sama. Maka nantinya secara otomatis tampilan dari layar HP kamu akan terhubung secara otomatis ke Komputer atau Laptop.

cara mirroring hp ke laptop dan pc menggunakan airdroid layar hp

Menggunakan Mobizen

cara mirroring hp ke laptop dan pc menggunakan mobizen

Selain Screen Mirroring dan Airdriod, Mobizen juga aplikasi yang membuat layar tampilan HP Android Anda muncul di PC atau laptop. Tak hanya itu, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengakses file manager, transfer data, backup data bahkan mengirimkan pesan dari smartphone ke PC. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

cara mirroring hp ke laptop dan pc menggunakan mobizen developer

  1. Silahkan terlebih dahulu download Mobizen disini, setelah itu installah di Pc atau Laptop kamu. Instal juga aplikasi Mobizen di Smartphone kamu melalui Google Play
  2. Setelah terunduh, silakan daftar Mobizen memakai e-mail Anda.
  3. Lalu, kamu akan diminta untuk mengaktifkan USB Debugging, untuk mengaktifkan USB Debugging, Anda bisa pergi ke setting, kemudian pilih about phone Selanjutnya, silakan tekan beberapa kali pada build number ponsel Anda.
  4. Anda kemudian masuk ke developer mode atau mode pengembang.
  5. Cari developer options di menu setting. Kemudian nyalakan mode USB Debugging.
  6. Nah, setelah itu loginlah Mobizen di Hp serta PC atau Laptop dengan akun yang sama
  7. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukan kode di Mobizen Ponsel yang berasal dari aplikasi yang ada di Pc atau Laptop
  8. Setelah mengisikan kode, secara otomatis layar hp kamu nanti akan terakses di PC atau Laptop.

cara mirroring hp ke laptop dan pc menggunakan mobizen akses layar hp

Akhir Kata

Nah, begitulah cara agar teman-teman bisa menghubungkan layar dari Hp ke Komputer atau laptop. Mohon maaf apabila salah kata atau masih ada yang kurang ya!. Jika diantara kamu mempunyai tips yang lain boleh di share di kolom komentar. Hehehe sampai jumpa di tulisan selanjutnya dan Selamat mencoba!!!

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 8,9,10
Baca juga: Inilah Aplikasi Screenshot di Laptop dan PC Terbaik 2021

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *