Praktis, Ini Cara Mudah Dapatkan EFIN Online Untuk Lapor Pajak Tahunan

Langkah mudah mendapatkan efin online

InnovationvibeCara Mudah Dapatkan EFIN Online – Saat sebelum lapor pajak lewat Surat Pernyataan Tahunan (SPT) secara online, Harus Pajak harus mempunyai EFIN lebih dulu. Untungnya, sekarang ini ada langkah memperoleh EFIN online yang lebih ringkas. Karena perkembangan tehnologi, kepentingan laporan pajak memang menjadi lebih singkat. Kamu tak perlu kembali tiba langsung ke Kantor Servis Pajak (KPP) sebab telah ada langkah lapor pajak online.

Tetapi, awalnya kamu perlu mengurusi EFIN supaya tercatat dalam mekanisme DJP Online, hingga selanjutnya bisa memberikan laporan SPT online. Electronic Filing Identification Number atau EFIN pajak ialah 10 digit nomor identitas yang diedarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) ke Harus Pajak di semua Indonesia.

EFIN memungkinkannya Harus Pajak Individu dan Tubuh untuk memberikan laporan SPT tahunan secara online dan terenkripsi, hingga keamanan dan kerahasiaannya terjaga. Sesudah kamu pahami pemahaman EFIN, yok, baca langkah mendapatkan EFIN secara online lewat ulasan ini.

Langkah Memperoleh EFIN Online

Awalnya, kamu harus ke KPP untuk memberikan beberapa berkas yang dibutuhkan langsung. Tetapi, sekarang kamu dapat mengirimnya melalui e-mail, hingga lebih ringkas.

Sama dengan langkah membuat NPWP individu, persyaratan permintaan EFIN Tubuh dan Individu ialah KTP dan NPWP. Tentu kamu telah mempunyai.

Nah, agar kamu tidak bingung apa yang penting dikirimkan lewat e-mail, baca langkah memperoleh EFIN lewat online di bawah ini.

  • Unduh dan isi formulir EFIN di website Pajak
  • Kerjakan selfie sekalian menggenggam KTP dan NPWP asli. Upayakan NIK dan nomor NPWP nampak terang sebab akan dicheck oleh petugas DJP.
  • Kirimkan formulir dan photo selfie ke alamat e-mail KPP tempat kamu tercatat. Alamat e-mail KPP setiap dapat dilihat di sini. Isi subyek e-mail dengan “Permintaan EFIN”.
  • Nantikan e-mail balasan dari DJP, umumnya kurang dari 24 jam. Upayakan supaya kirim e-mail di jam kerja supaya bisa lebih cepat terima balasan.
  • Bila semua data yang kamu isi telah sesuai database DJP, petugas akan kirim nomor EFIN berbentuk PDF.

Langkah Aktivasi EFIN Online

Sesudah kamu memperoleh EFIN lewat e-mail dari DJP Online, kamu harus aktifkan EFIN itu lebih dulu. Masih sama dengan awalnya, langkah aktivasi EFIN dapat dilaksanakan secara online. Berikut cara-caranya:

  • Datangi situs https://djponline.pajak.go.id/akun/login di program browser.
  • Selanjutnya, click Belum Register?
  • Masukan NPWP, nomor EFIN, dan code CAPTCHA, lalu click Submit.
  • Buat sandi untuk login ke program DJP Online.
  • Check e-mail kamu dan dapatkan link aktivasi yang diberi oleh DJP Online. Click link itu supaya langsung masuk di halaman login program DJP Online.
  • Seterusnya, login memakai NPWP dan sandi yang telah kamu bikin.
  • EFIN sudah teraktivasi dan siap dipakai untuk transaksi bisnis online, terhitung memberikan laporan SPT.

Bagaimana Bila Lupa EFIN?

Nomor EFIN memiliki sifat rahasia untuk tiap Harus Pajak, hingga tulis dan taruh di lokasi yang aman, tetapi gampang kamu dapatkan. Ini mempunyai tujuan agar kamu tidak lupa nomor EFIN. Untungnya, seperti langkah check nomor NPWP online, kamu yang lupa EFIN dapat memperolehnya kembali dengan gampang.

Bila memang kamu telah menelusurinya pada tempat penyimpanan arsip dan inbox e-mail tetapi belum bertemu , karena itu DJP Online sediakan tiga pilihan yang dapat dilaksanakan Harus Pajak bila lupa nomor EFIN.

  • Menanyakan melalui Twitter dengan mention account @kring_pajak
  • Telephone ke Kring Pajak di nomor 1500200
  • Live chatting dengan agen Chat Pajak di alamat web www.pajak.go.id

Itulah langkah memperoleh EFIN online yang prosesnya dapat dilaksanakan melalui e-mail, hingga kamu tak perlu tiba langsung ke KPP. Karena langkah ini, kamu dapat lebih tenaga dan waktu. Nah, sebab proses laporan pajak sangat dipermudahkan, janganlah lupa untuk bayar pajak on time, ya. Dengan patuh bayar pajak, kamu ikut menolong pembangunan negara. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *