Oh! Beginilah Cara Terbaru Membatasi Pengguna Wifi Pada Indihome

cara membatasi pengguna wifi pada indihome dengan menggunakan netlimter

InnovationVibe.comCara Terbaru Membatasi Pengguna Wifi Pada Indihome – Di era tahun 2015 sampai sekarang, masyarakat global pada umumnya sudah secara penuh mengakses segala informasi dengan menggunakan akses internet. Mulanya mereka melakukan komunikasi melalui telfon atau sms yang notaben menggunakan operator seluler yang pasti mengeluarkan uang untuk membeli pulsa, kini mereka bisa melakukan itu semua  dengan jaringan internet yang harganya lebih murah. Melihat perkembangan zaman dan pasar, para perusahaan operator seluler pun berlomba-lomba agar jaringan yang mereka produksi bisa memberikan layanan akses internet yang baik dan pastinya dengan harga murah serta sesuai kantong masyarkat.

Namun dibalik itu, ada sebuah alat elektronik yang hadir bernama “WiFi” dimana merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) dengan melalui sebuah jaringan komputer termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Di Indonesia, layanan Wifi ada salah satunya dari PT. Telekomunikasi Indonesia milik BUMN bernama Indonesia Digital Home (Indihome) yang memberikan paket layanan komunikasi data seperti telfon rumah, tv berlangganan dan internet melalui koneksi Fiber Optik.

Masyarakat pun banyak menggunakan Indihome dirumah mereka untuk mengakses internet dengan WiFi. Memiliki jaringan WiFi di rumah merupakan salah satu hal yang sangat penting dan utama apalagi saat ini tengah dilanda pandemi. Akan tetapi terkadang, banyak oknum-oknum yang menggunakan akses tersebut tanpa izin meski pengguna telah menguncinya dengan memberikan kata sandi, namun ada saja cara bagi sebagian orang untuk membobolnya.

Hal ini tentu merugikan pihak yang telah rela mengeluarkan uang untuk membayar layanan tersebut. Rata-rata kerugiannya berupa kecepatan akses internet yang tidak stabil. Untuk mengantisipasi atau mengatasi hal itu, cara yang paling efektif menurut penulis ialah kamu harus membatasi jumlah pengguna wifi agar jaringan internet tetap stabil.

Lalu Bagaimanakah Cara Membatasi Pengguna Wifi pada Indihome?

Dengan Pengaturan Modem

Pertama, bukalah browser kemudian tulis kode IP 192.168.1.1, jika sudah masuk, isi username: user dan password: user kemudian klik bagian Login.  Setelah berhasil masuk ke penel pengaturan, silahkan klik Network > SSID Setting > kemudian tentukan jumlah pengguna di kolom Maximum Clients (misal: dari 32 bisa kamu ganti menjadi 10). Jika sudah, silahkan klik bagian Submit untuk menyimpan perubahan jumlah pengguna.

cara membatasi pengguna wifi pada indihome dengan pengaturan modem
Pic By Indihome Jogja

Dengan menggunakan P2Pover

P2pover merupakan sebuah software Alternatif Microtik yang bisa hanya bisa digunakan pada sistem oprasi Windows, P2Pover Berfungsi untuk mengatur Bandwidth internet yang bisa digunakan untuk membagi Bandwidth internet berbasis wifi. Awal pemakaiannya bisa kamu download disini. lalu installah sesuai panduannya.

Setelah aplikasi terinstall, silahkan buka dan pilih System Setting untuk masuk ke halaman pengaturan. Dari System Setting > pilih Adaptor Jaringan > lalu klik OK. Selanjutnya silahkan pilih Menu Schadule Setting (kamu juga bisa memberi nama pada bagian Schadule Setting) > kemudian pilih New > Select All > lalu klik OK. Untuk mengatur jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan wifi, silahkan pilih opsi Control All > kemudian klik Start > lalu pilih Apply Rule to Host Selected dengan cara klik kanan di salah satu bagian. Sedangkan jika kamu ingin memblokir perangkat yang terhubung ke jaringan wifi, caranya klik Drop > kemudian pilih Host Selected > lalu pilih perangkat yang ingin kamu blokir.

cara membatasi pengguna wifi pada indihome dengan menggunakan p2pover

Dengan Menggunakan NetLimter

Sama seperti P2Prover, Netlimiter adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur bandwidth atau pembatasan pengguna yang terhubung ke sebuah jaringan wifi. Kamu harus mendownload aplikasinya melalui link ini NetLimter , lalu installah sesuai arahan atau penduan yang diberikan.

Setelah itu langkah-langkahnya ialah,  klik di bagian Download Limit > kemudian checklist beberapa kotak > lalu klik Upload Limit > klik di bagian KB/s > Rules Editor di bagian ini kamu bisa membatasi kecepatan wifi sesuai yang diinginkan. Untuk membatasi jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan wifi, silahkan klik Limit > kemudian isi Tab Value dengan angka yang kamu inginkan (angka disini adalah jumlah pengguna yang bisa terhubung ke jaringan wifi). Jika sudah silahkan klik bagian Save untuk penyimpan perubahan, dan selamat! Kamu telah membatasi jumlah perangkat atau pengguna yang bisa mengakses jaringan wifi kamu!

cara membatasi pengguna wifi pada indihome dengan menggunakan netlimter

Nah sobat, begitulah cara-cara membatasi akses pengguna wifi kamu agar tidak lemot, bagi yang tidak percaya silahkan cobakan sendiri. Di tulisan ini penulis tidak bermaksud mengadu domba antara pengguna wifi dan orang-orang yang ingin mengaksesnya secara diam-diam. Akan tetapi alangkah lebih baik jika kita membutuhkan akses jaringan tersebut, meminta izinlah terlebih dahulu karena itu merupakan sebuah etika yang harus kita lakukan. Setidaknya hal itu bisa dimaklumi dari pada membuat orang lain kesusahan. Sekian terima kasih dan selamat mencoba !!!

Baca juga: Cara Terbaru Daftar dan Berlangganan Netflix Tanpa Kartu Kredit
Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi Indihome Dengan Mudah

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *