Catat ! Inilah Aplikasi Screenshot di Laptop dan PC Terbaik 2021

Inilah 7 Rekomendasi Aplikasi Sreenshot Laptop dan PC Terbaik

InnovationVibe – Inilah Aplikasi Screenshot di Laptop dan PC Terbaik 2021 – Ketika seseorang tengah menggunakan laptop atau komputer, terkadang ada saja hal atau momen tertentu yang ingin diabadikan secara visual dan pastinya harus terlihat jelas. Saat memkai smartphone baik itu Android ataupun Ios, banyak orang menggunakan fitur tangkapan layar atau biasa disebut dengan Screenshot. Fitur ini biasanya dimanfaatkan untuk menangkap cuplikan viceo atau layar yang bertujuan sebagai arsip dalam bentuk foto.

Adapun cara screenshot di Laptop tentu berbeda dengan smartphone. Jika kita menggunakan smartphone atau ponsel, biasanya dengan cara menekan tombol power dan tombol turunkan volume secara bersamaan. Namun di laptop atau PC kita harus mengunakan fitur beberapa aplikasi.

7 Rekomendasi Aplikasi Screenshot di Laptop dan PC Terbaik

Lightshot – Windows & Mac

Lightshot bisa disebut program tangkapan layar yang paling sederhana dan ringan dengan ukuran kurang lebih hanya 3 MB. Cara mengunakan lingshot tidaklah rumit,  aplikasi ini sangatlah cocok untuk kamu yang suka dengan segala sesuatu yang ringkas dan tidak ribet. Setelah aplikasinya terinstal di laptop atau pc, dengan menekan tomblon “prt sc sysrq” atau dengan menekan CTRL + PRTSC, kamu bisa langsung mengambil tangkapan layar atau deskop.

aplikasi screenshot laptop dengan menggunakan lightshot

Bagi yang ingin menggunakan Lightshot bisa langsung klik link ini Download Lightshot, disana ada pilihan apakah kamu ingin mendownload untuk versi Windows atau MacBook. Selamat mencoba!

Jing

Aplikasi ini dibuat oleh TechSmith, SnagIt dan CamTasio Studio. Program dalam Jing  mempunyai dua fitur yaitu Capture Image format PNG dan juga Screen Recording (menangkap layar video) yang menghasilkan format video SWF. Jadi bisa disimpulkan, Jing tidak hanya bisa menangkap layar menjadi gambar, tetapi juga menangkap layar deskop dimana bisa di jadikan sebuah video !, keren kan?.

aplikasi screenshot laptop dengan menggunakan jing techsmith

Untuk kamu yang ingin merasakan asiknya menggunakan aplikasi Jing bisa download melalui link ini, Download TechSmith. Sebenarnya, yang membuat aplikasi ini terlihat unik ialah karena terdapat buble warna orange yang menempel pada sisi kanan monitor. Melalui buble itu, kamu dapat mengambil tangkapan layar dengan cepat. Terdapat juga panel editor yang sederhana dari Jing. Disini kamu dapat menambah teks, frame, arrow.

Greenshot

Greenshot merupakan program aplikasi yang dapat mengambil gambar di layar windows dengan fitur yang cepat dari berbagai area atau layar yang dipilih. Aplikasi ini dapat menangkap halaman web, membuat anotasi, menyorot, atau mengaburkan bagian screenshot pastinya dengan cara yang terbilang mudah. Greenshot disebut – sebut aplikasi yang efisien untuk manajer proyek, pengembang software, penulis teknis serta penguji bagi dan siapa pun yang membuat tangkapan layar.

aplikasi screenshot laptop dengan menggunakan greenshot

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan Greenshot, bisa langsung di download melalui link ini, Download Greenshot. Disana tersedia untuk versi Windows dan MacBook. Dalam pengunaanya kamu bisa menekan tombol Print Screen, Alt + Print atau Ctrl + Print. Selamat mencoba!

Snipping Tools

Snipping Tool merupakan fitur screenshot yang termasuk dalam bawaan sistem Windows. Fitur ini dapat mengambil tangkapan layar dari jendela yang terbuka, daerah persegi panjang serta seluruh layar. Adapun hasilnya akan disimpan sebagai file gambar dengan format PNG, GIF, JPEG atau file MHTML. Fitur bawaan ini  buntuk mengedit gambar dasar dengan snapshot yang menggunakan pena berbeda warna, penghapus, bahkan stabilo.

aplikasi screenshot laptop dengan menggunakan snipping tool

Fitur screenshot bawaan ini bisa kamu jumpai di Windows 7,8,10 dengan mengklik logo Windows lalu klik All Apps setelah itu cari Windows Accessories lalu pilih Snipping Tool. Jenis bentuk Snipping Tool ada beberapa di menu new diantaranya ialah : Free-from Snip (mengambar bentuk bebas disekitar objek), Rectangular Snip (untuk menyeret kursor disekitar area objek yang akan membentuk persegi panjang), lalu Windows Snip (memilih kotak dialog yang ingin diambil objeknya), terakhir Full Screen Snip ( menangkap seluruh layar yang di screenshot).

PicPick

PickPick merupakan aplikasi yang sangat populer untuk mengambil tangkapan layar dengan fitur yang paling lengkap. Aplikasi ini juga tersedia fitur Image Editor yang tentunya berguna untuk mengedit gambar setelah kita mengambil Screenshot. Aplikasi ini juga tersedia 40 Bahasa dan memiliki beberapa efek yang sama dengan sofware editing Adobe Photosop seperti GrayScale, Pixlate, Frame, Blur, Watermark. Kamu juga bisa langsung membagikan hasil dari screenshot secara langsung ke Media Sosialmu.

aplikasi screenshot laptop dengan menggunakan pickpick

Diaplikasi ini juga terdapat serangkalai metode penyeleksian gambar yang tidak dapat dijumpai di aplikasi lain yaitu Window Control, Scrolling Window serta Fixed Region. Buat yang tertarik mencobakan aplikasi ini, bisa langsung download di situs https://picpick.app/en/, disana bisa diunduh gratis maupun berbayar. Jangan khawatir, jika kamu mendownload yang gratis, karena meski gratis pun kamu masih bisa menikmati fitur aplikasi yang sangat luar biasa.

ShareX

Aplikasi ini hanya bisa diakses pada sistim Windows, dengan ukuran 15MB ShareX memiliki fitur yang mana kamu bisa gunakan untuk merekam video dengan kualitas baik dalam format MP4 atau GIF. ShareX juga menyediakan mode Text Capture yang dimana ketika kamu melakukan screenshot pada gambar berisi teks,  teks yang ada didalam gambar tersebut dapat di konfersi menjadi teks asli dimana dapat disalin. Untuk panel editor, tidak jauh berbeda dengan program screenshot pada umumnya berupa teks, Arrow, Tag Numbering, serta color picker.

aplikasi screenshot laptop dengan menggunakan sharex

ShareX merupakan tool for Windows gratis karena dia aplikasi open source, kelebihannya karena ia aplikasi yang portable, jadi tidak menjadi sebuah masalah apabila tidak di instal. Cukup taruh di flash disk dan kamu bisa mengcapture layar siapapun tanpa meninggalkan jejak instalasi software. Buat kamu yang tertarik bisa langsung mendownoad dengan klik ini ShareX.

Nimbus Capture

Nimbus Capture merupakan aplikasi yang bisa dioperasikan baik itu di Windows maupun MacBook. Meski hanya memiliki 2 metode sleksi gambar yaitu Full Screen dan Fragment,Nimbus Capture ini disebut-sebut merupakan aplikasi screenshot untuk laptop atau pc yang memiliki interface moderen. Aksesories yang dihadirkan dalam aplikasi ini mulai dari Pencil, Arrow, Rectangle, Ellipse serta fitur Numbered Tag yang digunakan untuk menomori bagian tertentu dalam foto.

aplikasi screenshot laptop dengan menggunakan nimbus capture

Aplikasi ini tidak hanya menangkap layar menjadi sebuah gambar, sama seperti ShareX, ia juga bisa menangkap layar yang dijadikan video (Screen Recorder). Nimbus Capture mendukung horizontal bergulir, Antar muka editor yang memungkinkan untuk mengedit objek seperti menambah tanda panah serta stiker.Bagi teman-teman yang ingin merasakan sensasi dan fitur dari Nimbus Capture, bisa langsung mendownload dengan mengklik link ini Unduh Nimbus Capture.

Nah, itulah beberapa aplikasi Screenshot terbaik yang dapat kamu gunakan di Laptop dan Komputer (PC) , silahkan teman-teman pembaca mencoba serta merasakan  sendiri kemudahan dari aplikasi yang penulis rekomendasikan diatas. Jika teman-teman memiliki saran aplikasi lain, silahkan tinggalkan di komentar ya. Selamat Mencoba!

Baca juga: Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Laptop atau PC
Baca juga:  Tutorial Memotong Video di Netbook dan Laptop

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *