Panduan Terlengkap Mengenai Konten Marketing Untuk Pemula

Panduan Terlengkap Konten Marketing Untuk Pemula

InnovationvibePanduan Terlengkap Konten Marketing Untuk Pemula – Banyak yang bertanya apa itu konten marketing dan apa saja yang dibutuhkan oleh seorang konten marketing, lalu apa saja bentuk dari konten marketing tersebut. Konten marketing sendiri adalah hal yang dapat membantu menarik pelanggan, mendapatkan lebih banyak penjualan, serta juga sekaligus untuk mengembangkan bisnis itu sendiri.

Tapi ini bukan hanya mengenai penjualan produk per produk, konten marketing lebih dari itu. Dasar-dasar yang perlu diketahui untuk membuat konten marketing akan dapat membuat penjualan atau hasil terbaik sekaligus mampu membedakannya dari pesaing.

Apa Itu Konten Marketing?

Secara umum konten marketing adalah sebuah cara pemasaran sebuah produk atau konten yang berharga dan relevan juga konsisten yang bertujuan membangun relasi yang kokoh dengan audiens untuk waktu yang lama, agar ada perasaan butuh dan memiliki kedekatan emosi dari produk atau konten tersebut.

Contoh sederhana adalah iklan dari produk Aqua beberapa waktu yang lalu, iklan tersebut menggambarkan tentang kejernihan dan kebersihan dari alam sebagai sumber dari produk tersebut, diiring dengan suara musik kontemporer membuat iklan tersebut menjadi begitu menyentuh para audiens nya.

Kita bisa lihat, dengan konten marketing yang dasyat, Aqua menjadi produk laris dan merajai pasarnya, tidak sampai disitu. Aqua juga menjadi Brands yang terkenal dan mahal. Itulah salah satu contoh dari keampuhan sebuah konten marketing yang sukses.

Ringkasnya, Terdapat Dua Elemen Penting dari Konten Marketing:

1. Penting, Relevan, dan Konsisten

-Penting; Tidak sembarangan dalam membuat konten, serius dan mengikuti kaidah-kaidah dalam membuat konten berkualitas.

-Relevan; Sesuai dengan bisnis yang dijalani, misalnya, bisnis yang kita geluti dibidang kuliner, ya, tentunya, konten marketing yang dibuat berkaitan dengan produk tersebut.

-Konsisten; dalam menarget audiens, diperlikan usaha terus-menerus dalm membuat konten yang relevan dan topik yang dibuat harus mengena dimata audiens.

2. Mengkonversi atau Menjadikan Audiens Sebagai Konsumen Loyal

Tujuan utama dari konten marketing adalah untuk mengkonversi atau menjadikan audiens sebagai konsumen loyal. Maka yang diperhatikan adalah topik yang dibuat dalam mengkonversi audiens menjadi pelanggan harus relevan dan jangan sampai topiknya hanya sekedar menghibur audies semata. Intinya, dari konten yang dibuat dengan model marketing yang dipakai menjadikan audiens membeli atau menjadi pelanggan dari bisnis yang ditawarkan.

Kenapa Konten Marketing Itu Penting?

Dalam menjalankan bisnis pada era digital seperti saat ini, sangat dibutuhkan strategi untuk memikat target audiens agar mau membeli atau menggunakan produk yang kita tawarkan. Disini kita bagi empat tahapan dalam siklus pembelian :

1. Awareness

– Membuat produk kita menjadi dibutuhkan saat ini, atau sangat diperlukan bagi audiens yang kita target. Disinilah konten marketing bekerja, yang dibuat menjadi penentu atau pembeda antara produk yang ditawarkan dengan kompetitor.

2. Riset

– Biasanya yang dilakukan audiens setelah melihat produk yang ditawarkan, mereka akan mengecek terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau menjadi pelanggan. Audiens yang ditarget akan tertarik setelah mengetahui keunikan dan keunggulan produk tersebut untuk kebutuhan mereka.

3. Konsiderasi

– Biasanya, audiens setelah melakukan riset akan membandingkan produk tersebut dengan produk lainnya, juga mengamati harganya dengan produk sejenis.

4. Beli

– Disinilah tahap yang pada akhirnya audiens yang ditarget diawal memutuskan untuk menggunakan atau membeli produk dari layanan tersebut. Itulah empat tahapan dari siklus pembelian tersebut, konten marketing menjadi sangat penting dalam mempengaruhi perilaku audiens. Umumnya, bagian marketing pada jaman dulu seperti periklanan hanya akan berpengaruh pada tahap pertama dan kedua. Mereka membuat kesadaran tentang produk tersebut dan kemudian membuat mereka mengetahuinya.

Tapi tujuan utama dari konten marketing adalah menjadikan siklus pembelian menjadi dua saja, aware dan buy. Pemasar ingin audiens atau pelanggan yang ditarget segera mengetahui produk yang dijual tanpa harus melakukan riset yang njelimet dan membandingkannya dengan produk lain. Dengan konten marketing yang dibuat, diharapkan para audiens bisa langsung klop menjadi pelanggan atau membeli produk tersebut.

Konten marekting bisa juga disebut sebagai inevestasi jangka panjang, berbeda dengan iklan atau ads di sosial media. Konten marketing bisa bertahan lebih lama, selama konten tersebut masih relevan dengan tren yang ada. Ringkasnya, strategi pemasaran menjadi hal utama dan vital dalam siklus perubahan proses audiens dari hanya melihat menjadi tergetar untuk membeli atau menggunakan layanan suatu produk lalu bisa menumbuhkan rasa ketergantungan.

Apa Saja Bentuk Konten Marketing?

1. Sosial Media
2. Email
3. Video
4. Infografik
5. Ebook
6. Website atau Blog

Apa Saja Skill Yang Dibutuhkan Untuk membuat Konten Marketing?

1. Komunikasi
2. Menulis
3. Mahir Bercerita
4. Peka atau sesuai konteks

Itulah sedikit pembahasan mengenai konten marketing, semoga dapat membantu Anda yang berminat atau tertarik mempelajari tentang konten marketing. Karena teknik marketing selalu berkembang dan sangat efektif dalam menunjang perkembangan bisnis.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *