Perkembangan Komputer Saat Ini Yang Pesat dan Mengagumkan

Perkembangan Komputer saat ini patut kita syukuri

InnovationVibe – Perkembangan komputer saat ini yang ditunjang oleh jaringan internet dewasa ini sangat mempengaruhi pola hidup manusia. Selain dapat mempermudah, juga merubah mobilitas dari keseharian masyarakat. Dan sangat jelas hingga saat ini teknologi menjadi kebutuhan umat manusia dimana komputer menjadi satu bagian dari perkembangan teknologi tersebut. Lalu, bagaimana perkembangan komputer sepanjang masa hingga bisa merubah prilaku orang baik dalam bekerja maupun beraktivitas lainnya. Simak penjelasan berikut:

Apa Itu Komputer?

Dulunya kata komputer disematkan kepada orang yang ahli dalam bidang perhitungan Aritmatika yang melakukan keahliannya tersebut baik dengan alat bantu maupun tidak. Belakangan kata komputer disematkan kepada mesin yang baru diciptakan komputer sendiri adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut kaidah yang telah ditentukan. Baca juga: Panduan Terlengkap Mengenai Konten Marketing Untuk Pemula

Ilmu Aritmatika sangat berhubungan dengan Matematika. Jadi pada awalnya komputer digunakan sebgai alat untuk mengolah informasi yang bersifat ekslusif yang ada sangkut pautnya dengan persolan Aritmatika. Pada masa kontemporer sekarang ini komputer sering diartikan sebagai alat pengolah informasi atau sistem untuk mengolah informasi. Tetapi, seiring waktu banyak sekali makna yang dipakai dalam menyebut komputer, bahkan sudah jauh dari arti komputer itu diawal.

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata ‘komputer’ digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk ‘orang yang menghitung’ dan menjelang 1897 digunakan sebagai ‘alat hitung mekanis’. Selama Perang Dunia II kata ‘komputer’ tersebut diasosiasikan kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang melakukan pekerjaan menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Berarti pada masa awalnya secara umum, kata ‘komputer’ merujuk pada orang yang melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa mesin pembantu.

Charles Babbage adalah seorang matematikawan asal Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Ia lalu mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin Analitik. Kemudian, sebuah mesin diferensial dari mesin yang dikembangkannya tetapi tidak selesai, lalu dikembangkan lagi oleh para ilmuwan dan ternyata mesin ini dapat berfungsi secara bagus, yang membuktikan bahwa ide rancangan Babbage mengenai mesin tersebut memang dapat diimplementasikan.

Ada Beberapa Definisi Komputer Menurut Para Ahli yang Berhasil Kami Rangkum:

  • Sebuah mesin penghitung elektronik. Dimana, keberadaannya, mampu dengan cepat menerima informasi input digital. Memproses sesuai program yang diminta dan tersimpan dalam memory. Hingga pada akhirnya, menampilkan sebuah informasi. (VC Hamazer ZG)
  • Sebuah mesin multiguna yang dapat diprogram dan menerima data (baik berupa gambar ataupun fakta). Kemudian diproses dan dimanipulasi hingga menjadi sebuah informasi yang bisa digunakan oleh manusia. (William Sawyer)
  • Sebagai sebuah sistem elektronik yang bisa memanipulasi data secara cepat dan tepat. Diorganisasikan dan dirancang secara otomatis. Sekaligus berfungsi menerima dan menyimpan data. Selanjutnya diproses dan menghasilkan sebuah output berdasarkan instruksi-instruksi yang ada dalam memory. (Donald H. Saders)
  • Alat elektronik yang digunakan untuk menghitung serta mampu melaksanakan dan menginterpretasikan perintah. Diantaranya adalah input, output, operasi logik, dan perhitungan lain-lain. (Larry dan Nancy Long)

Itulah sedikit gambaran dimana komputer sendiri telah atau terus mengalami pergeseran hingga sekarang komputer lazim diartikan sebagai sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa bagian atau komponen. Dimana diantara satu bagian dengan bagian lainnya saling bekerjasama dan bergantung untuk menghasilkan sebuah informasi berdasarkan prosedur data dan program yang sudah ditetapkan.

Singkatnya, komputer adalah benda elektronik yang mampu melakukan beberapa pekerjaan. Seperti menerima input lalu memprosesnya sesuai instruksi atau perintah yang diberikan. Output yang dikeluarkan berupa informasi.

Jenis-Jenis Komputer

Komputer sendiri telah mengalami banyak perkembangan dan pambaharuan dari masa ke masa. Saat pertama muncul belum terlihat seperti yang sekarang banyak digunakan. Melainkan persis seperti mesin penghitung serta fungsinya juga begitu sederhana, yaitu sebagai alat pembantu perhitungan matematika.

Membedakan komputer modern dengan alat penghitung yang dahulu adalah dari sistem pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi (software) sifat apa pun meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang variatif.

1. Komputer Benam

Sekitar 20 tahun yang lalu, banyak alat rumah tangga, khususnya panel dari permainan video juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumah tangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lainnya, semua berisi sirkuit elektronik seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini sering kali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin).

Maksud khusus komputer yang lain secara umum dikenal sebagai “mikrokontroler” atau “komputer benam” (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan dapat diubah untuk berbagai maksud oleh pengguna tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini. (sumber: wikipedia)

2. Komputer Pribadi atau Personal Computer (PC)

Ini adalah komputer yang sehari-hari dipakai banyak orang untuk menunjang segala aktivitas mereka.

Beberapa Komponen yang Ada Dalam Komputer:

– Monitor

– Memory

– Motherboard

– Casing

– Kabel Power

– Hardisk

– Power Supply

– VGA

– Processor

– CDRoom

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai komputer pada kesempatan kali ini. Komputer sendiri sangat besar memberikan manfaat dan kemudahan untuk menunjang berbagai aktivitas harian masyarakat saat ini. Apalagi ditambah dengan munculnya jaringan internet yang menghubungkan perangat dari seluruh dunia. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *